Aku Tak Mau Salah Jalan

Aku Tak Mau Salah Jalan

Diposting Oleh Unknown Minggu, 10 Juli 2016 0 komentar

sumber : google image


Perkembangan teknologi yang begitu pesat memudahkan manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas kesehariannya. Salah satu yang begitu pesat perkembangannya yaitu internet. Perkembangan yang begitu pesatnya tersebut berimbas pada kemudahan dalam mengakses berbagai informasi, mulai dari update berita terkini, musik, film, hingga berbagai disiplin ilmu bahkan ilmu agamapun dengan sangat mudah diakses hanya dengan bermodal smartphone.

Kemudahan dalam mengakses ilmu agama tersebut dimanfaatkan betul oleh para ahli agama dalam mensyiarkan islam. Namun hal tersebut bagai dua sisi mata uang, baik karena dengan mudahnya masyarakat mempelajari agama hanya bermodal smarthpone dan mesin pencari (semisal google) yang hanya dalam hitungan detik, hamburan ilmu-ilmu agama dapat ditemukan. Sisi yang lainnya yaitu tidak semua sumber dapat menjadi rujukan, karena ilmu agama tidak bisa dipahami secara tekstual saja namun harus di gali makna dari teks-teks tersebut. Dan orang yang bisa melakukannya adalah dia yang sudah menguasai berbagai disiplin ilmu agama.

Maka dalam mencari sumber rujukan  khususnya dalam bidang agama alangkah baiknya tidak langsung menelan dengan mentah informasi-informasi tersebut melainkan harus dimasak terlebih dahulu.

Berikut beberapa kiat dalam memilih sumber rujukan khusunya dalam bidang agama (tokoh, ustadz, blog, website, facebook, dsb) :
1. Pastikan sanad dari pemilik informasi (tokoh, ustadz, blog, website, facebook, dsb) tersebut bersambung ke Rasulullah Saw. Sumber yang kredibel (yang bisa dipercaya) pasti akan menyampaikan informasi sanad yang nyambung ke Rasulullah. Salah satu contoh yang menampilkan informasi sanad yang nyambung ke Rasulullah Saw. yaitu PUSAKAMADINAH.ORG.

2. Pastikan pemilik informasi (tokoh, ustadz, blog, website, facebook, dsb) tersebut tidak menyalahkan perihal amaliah dari pihak lain.

3. Pastikan pemilik informasi tersebut (tokoh, ustadz, blog, website, facebook, dsb) tersebut tidak terdapat dalam penyampain atau artikelnya yang mengatakan bahwa Tuhan menyerupai mahluknya (Tuhan ada di Langit, Tuhan bisa naik-turun, Tuhan punya mata, dst).

Perlu digaris bawahi disini bahwasanya ketika kiat diatas terasa tidak cocok untuk sobat-sobat semua, tinggalkan dan jangan digunakan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu ditunjukkan jalan yang lurus. Aamiinullah


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Aku Tak Mau Salah Jalan
Ditulis/Disusun Oleh : Unknown
Tulisan Aku Tak Mau Salah Jalan pada Blog Selembar Kertas ini memang di bawah DCMA Protected. Tapi Bebas kok di COPAS dan di posting Ulang asalkan link sumbernya tetap disertakan, terima kasih atas kerjasamanya.
  • Check google pagerank for ruangfana.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar